6 Langkah untuk Membangun Bisnis Pengiriman Drop Online yang Sukses

6 Langkah untuk Membangun Bisnis Pengiriman Drop Online yang Sukses -Drop shipping adalah model bisnis yang sangat populer bagi wirausahawan baru, terutama gen Zers dan milenial, karena keterampilan pemasaran internet jauh melebihi kapasitas keuangan. Karena Anda tidak perlu menyimpan atau menangani barang-barang yang Anda jual, adalah mungkin untuk memulai bisnis pengiriman barang dengan dana terbatas.

Jika Anda siap memulai bisnis yang dapat bersaing dengan raksasa ritel, dan melakukannya dengan anggaran terbatas, ikuti enam langkah di bawah ini. Meskipun tidak memerlukan banyak dana awal untuk meluncurkan bisnis pengiriman, ini akan membutuhkan kerja keras yang luar biasa.

6 Langkah untuk Membangun Bisnis Pengiriman Drop Online yang Sukses

1. Pilih ceruk.

  • Ceruk yang Anda pilih harus fokus pada laser dan sesuatu yang Anda benar-benar tertarik. Rangkaian produk yang tidak fokus akan sulit dipasarkan. Jika Anda tidak bergairah dengan ceruk yang Anda pilih, Anda akan lebih cenderung menjadi berkecil hati, karena dibutuhkan banyak pekerjaan untuk berhasil skala bisnis pengiriman drop. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih niche Anda:
  • Mencari keuntungan yang menarik. Ketika Anda menjalankan model bisnis pengiriman drop, fokus Anda adalah pemasaran dan akuisisi pelanggan, sehingga jumlah pekerjaan yang diperlukan untuk menjual item $ 20 pada dasarnya sama dengan menjual item $ 1.500. Pilih ceruk dengan produk berharga lebih tinggi.
  • Biaya pengiriman rendah sangat penting. Meskipun pemasok atau pabrikan Anda akan menangani pengiriman, jika biayanya terlalu tinggi, ia akan bertindak sebagai penolak pelanggan. Temukan sesuatu yang tidak mahal untuk dikirim, karena ini juga memberi Anda opsi menawarkan pengiriman gratis kepada pelanggan Anda dan menyerap biaya itu sebagai pengeluaran bisnis untuk menarik lebih banyak penjualan.
  • Pastikan produk Anda menarik bagi pembeli impulsif dengan pendapatan sekali pakai. Ketika Anda berfokus pada mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, Anda ingin mengalami tingkat konversi tertinggi yang mungkin karena sebagian besar pengunjung tidak akan pernah kembali. Produk yang Anda jual harus memicu pembelian impulsif dan menarik bagi mereka yang memiliki kemampuan finansial untuk melakukan pembelian di tempat.
  • Pastikan orang mencari produk Anda secara aktif. Gunakan Perencana dan Tren Kata Kunci Google untuk memeriksa beberapa istilah pencarian umum yang terkait dengan niche potensial Anda. Jika tidak ada yang mencari apa yang Anda rencanakan untuk dijual, Anda sudah mati di dalam air bahkan sebelum Anda mulai.
  • Buat merek Anda sendiri. Bisnis pengiriman drop Anda akan memiliki nilai lebih jika Anda dapat mengubah citra apa pun yang Anda jual dan menyerahkannya sebagai milik Anda. Cari produk atau lini yang bisa Anda label putih dan jual sebagai merek Anda sendiri dengan kemasan dan branding khusus.
  • Jual sesuatu yang tidak tersedia secara lokal. Pilih sesuatu yang tidak bisa ditemukan oleh pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda menjadi lebih menarik bagi pelanggan potensial.

2. Melakukan penelitian persaingan.

Ingat, Anda akan bersaing dengan operasi pengiriman drop lainnya serta ritel seperti Walmart dan Amazon. Di sinilah banyak potensi pengirim drop salah, karena mereka mencari produk yang memiliki sedikit atau tanpa persaingan. Itu pertanda tidak ada permintaan untuk produk tertentu itu.

Ada banyak alasan mengapa suatu produk mungkin tidak memiliki banyak persaingan, termasuk biaya pengiriman yang tinggi, masalah pemasok dan manufaktur atau margin laba yang buruk. Cari produk yang memiliki persaingan, karena itu pertanda bahwa ada permintaan yang tinggi dan model bisnisnya berkelanjutan.

3. Amankan pemasok.

Bermitra dengan pemasok yang salah dapat merusak bisnis Anda, jadi penting agar Anda tidak mempercepat langkah ini. Lakukan uji tuntas yang tepat. Sebagian besar pemasok pengiriman drop terletak di luar negeri, menjadikan komunikasi sangat penting, baik dalam hal kecepatan respons maupun kemampuan untuk saling memahami. Jika Anda tidak 100% yakin dengan kemampuan komunikasi pemasok potensial, lanjutkan dan lanjutkan pencarian Anda.

Alibaba telah menjadi salah satu sumber daya online terbesar untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan produsen dan pemasok potensial. Pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan dan pelajari kemampuan produksi mereka jika bisnis Anda tumbuh secara eksponensial. Anda ingin memastikan mereka memiliki kemampuan untuk berskala bersama Anda.

Cobalah untuk belajar dari pengusaha lain yang telah melewati jalan ini di masa lalu. Ada banyak sumber informasi yang tersedia, dari blog bisnis dan teknologi hingga subreddit ini tentang pengiriman barang. Ini adalah topik populer yang dapat membantu Anda menghindari kesalahan pemasok yang mahal.

Baca Juga : Langkah Yang Dibutuhkan Untuk Membuka Usaha Sendiri

4. Bangun situs web e-niaga Anda.

Cara tercepat untuk meluncurkan situs web yang mendukung model bisnis pengiriman drop adalah dengan menggunakan platform e-niaga sederhana seperti Shopify. Anda tidak memerlukan latar belakang teknologi untuk bangkit dan berjalan, dan memiliki banyak aplikasi untuk membantu meningkatkan penjualan.

Bahkan jika Anda memiliki anggaran yang cukup besar yang akan memungkinkan Anda untuk menyewa desain web dan perusahaan pengembangan untuk membuat solusi khusus, itu adalah langkah yang jauh lebih bijaksana untuk menggunakan salah satu opsi plug-and-play, terutama di awal. Setelah Anda ditetapkan dan pendapatan masuk, maka Anda dapat menjelajahi kustomisasi situs web tambahan.

5. Buat rencana akuisisi pelanggan.

Memiliki produk hebat dan situs web memang hebat, tetapi tanpa pelanggan yang ingin membeli, Anda tidak memiliki bisnis. Ada beberapa cara untuk menarik pelanggan potensial, tetapi opsi paling efektif adalah memulai kampanye iklan Facebook.

Ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan penjualan dan pendapatan sejak awal, yang dapat berkontribusi untuk penskalaan cepat. Facebook memungkinkan Anda untuk menempatkan penawaran Anda langsung di depan audiens yang sangat bertarget. Ini memberi Anda kemampuan untuk bersaing dengan merek dan pengecer terbesar dengan segera.

Anda juga harus berpikir jangka panjang, jadi optimisasi mesin pencari dan pemasaran email juga harus menjadi fokus. Kumpulkan email dari awal dan siapkan urutan email otomatis yang menawarkan diskon dan penawaran khusus. Ini adalah cara mudah untuk meningkatkan basis pelanggan Anda yang ada dan menghasilkan pendapatan tanpa iklan dan pengeluaran pemasaran tambahan.

6. Menganalisis dan mengoptimalkan.

Anda perlu melacak semua data dan metrik yang tersedia untuk menumbuhkan bisnis Anda. Ini termasuk lalu lintas Google Analytics dan data piksel konversi Facebook, jika itu adalah saluran akuisisi pelanggan utama Anda. Saat Anda dapat melacak setiap konversi untuk mengetahui dari mana pelanggan berasal dan jalur apa yang mereka ambil di situs web Anda yang pada akhirnya mengarah ke penjualan, itu memungkinkan Anda untuk mengukur apa yang berhasil dan menghilangkan apa yang tidak.

Anda tidak akan pernah memiliki satu set dan melupakan solusi iklan atau pemasaran. Anda perlu terus-menerus menguji peluang baru dan menyempurnakan kampanye saat ini, yang memungkinkan Anda mengetahui kapan harus mengoptimalkan atau menggeser pengeluaran kampanye.

Baca Juga : Faktor Lingkungan Internal yang Mempengaruhi Bisnis